Gempa Jepang Berkekuatan 6,3 SR Berguncang, 9 Orang Tewas dan 250 Orang Luka Luka

shares |

Creatwe.com - Gempa Jepang Berkekuatan 6,3 SR Berguncang, 9 Orang Tewas dan 250 Orang Luka Luka. Jepang kembali berduka, pasalnya 15 April 2016 Gempa berkekuatan 6.3 SR mengguncang Negeri Sakura.

Gempa Jepang Berkekuatan 6,3 SR Berguncang, 9 Orang Tewas dan 250 Orang Luka Luka

Setidaknya ada 9 orang tewas dan lebih dari 250 mengalami luka luka setelah gempa besar dan beruntun mengguncang Jepang bagian selatan. Hal ini juga membuat beberapa bangunan runtuh dan aliran listrik di Jepang putus.

Kemungkinan jumlah korban masih akan terus bertambah sebab diprediksikan masih terjebak di retuntuhan gedung-gedung yang ambruk.

Sementara itu ribuan warga yang selamat terpaksa harus mengungsi dan menginap di tenda-tenda terbuka di Kota Mashiki berdekatan dengan Kota Kumamoto di Pulau Kyushu.

Dilansir dari BBC pada Jum'at 15 April 2016, gempa susulan masih terus berlangsung sehingga membuat tentara yang dikerahkan ke lokasi untuk melakukan operasi penyelamatan harus terhenti.

Menurut Perfektur Kumamoto belum ada peringatan Tsunami pasca terjadinya Gempa dengan kekuatan dahsyat yaitu 6.3 Skala Ritcher (SR) yang terjadi pada 14 April Kemarin pukul 21.26 Waktu setempat.

Sementera itu, nuklir yang ada di Pulau tersebut dilaporkan tidak terdampak. Dua nuklir reaktor sendai di Kyushu juga masih berjalan normal, meskipun 3 dari reaktor nuklir genkai harus ditutup sementera untuk berjaga-jaga dan inspeksi rutin.

Pada tengah malam, gempa susulan terjadi di kedalaman 10 kilometer dengan kekuatan 5,7 SR dan 40 menit kemudian, pada Jumat dinihari, lindu berkekuatan 6,4 SR menyusul.

Seorang petugas dari Palang Merah Jepang, yaitu Yasuhiro Soshino mengatakan mereka merawat korban lebih dari 250 orang dengan 15 korban terluka parah.

Sekertaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan 16 rumah rumah tak bisa dialiri listrik, 38 rumah suplai gas terhenti.

Gempa tersebut juga berakibat pada kebakaran diberbagai lokasi, Kantor seismologi Jepang mencatat gempa susulan di berbagai tempat di Pulau Kyushu itu memiliki magnitude besar mirip seperti 9 gempa yang terjadi pada tahun 2011 lalu.

Dimana pada Maret tahun 2011 lalu gempa berkekuatan besar 9 SR memicu tsunami yang menewaskan 18 orang. Gempa tersebut juga mengakibatkan krisis nuklir setelah meluruhkan reaktor nuklir Fukhushima Dai-ichi.

Related Posts

...