7 Potensi Blog Untuk Generasi Muda Sebagai Ajang Kreatifitas Dan Penghasilan

shares |

Creatwe.com - 7 Potensi Blog Untuk Generasi Muda Sebagai Ajang Kreatifitas Dan Penghasilan. Selamat pagi sobat kreatif, kali ini creatwe akan membahas seputar Potensi Blog Untuk Generai Muda. Di era digital seperti sekarang ini internet adalah media yang paling populer bagi siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Mulai dari yang hanya sekedar berselancar dengan media sosial, browsing, hingga bloging. Blog sendiri adalah singkatan dari Web log yaitu aplikasi website yang berbentuk dalam tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web. Situs web log biasanya digunakan oleh pemiliknya sebagai media menulis dengan tujuan tertentu, dan biasanya akan dibaca oleh para netizen yang dicari melalui mesin pencari.

Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Seiring perkembangan zaman, blog ternyata tidak hanya terbatas pada tulisan dan artikel keseharian saja. Melainkan blog juga dapat menjadi media dan ajang kreatifitas bahkan menghasilkan uang yang tidak sedikit. Sudah banyak buktinya dari berbagai belahan dunia, orang hanya bekerja dari rumah sebagai penulis dan blogger dengan penghasilan yang sangat fantastis. Dan berikut ini adalah beberapa kumpulan Potensi Blog Untuk Generasi Muda yang sudah kami himpun dan akan kita bahas satu persatu.

1. Blog Sebagai Media Sharing dan Hobi

Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Potensi Blog Untuk Generasi Muda yang pertama adalah blog memiliki potensi paling baik sebagai media menyalurkan hobi dalam catatan harian dan sharing kepada semua orang. Jika dahulu orang menulis segala aktifitasnya melalui buku harian atau memo, tidak demikian sekarang ini. Anak muda lebih suka menjadikan blog sebagai pengganti buku, selain lebih luas blog juga sangat aman dari kerusakan dan hilangnya catatan tersebut. Kelebihan blog yang lain tidak hanya berbatas pada tulisan saja, melainkan juga bisa menyisipkan gambar berupa foto dan video yang jumlahnya tidak dibatasi. Tentu saja kelebihan blog inilah yang membuat para pemuda memilih blog sebagai media sharing dan berbagi. 

Banyak hal yang bisa dibagi melalui blog, mulai dari perjalanan atau travelling ke suatu tempat, aktifitas sehari hari, tugas-tugas sekolah hingga tugas pekerjaan yang bisa menginspirasi banyak orang. 

2. Blog Sebagai Tempat Bertukar Pikiran dan Perkenalan

Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Potensi Blog Untuk Generasi Muda berikutnya adalah sebagai media perkenalan dan bertukar pikiran. Pada akun blog terdapat follow terhadap sesama pengguna blog, dimana pengguna blog bisa saling follow atau mengikuti untuk bertukar tulisan di dasbord masing-masing. Semakin banyak pengikut, tentu akan semakin banyak teman dan pembaca blog kita. Karena blog sifatnya terbuka bisa dibaca dan dilihat oleh siapa saja, maka tak heran jika blog membuat penulisnya banyak teman dari segala penjuru tempat. Asyik bukan?

3. Blog Sebagai Media Ilmu Pengetahuan dan Wawasan

Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Potensi Blog Untuk Generasi Muda yang ketiga adalah sebagai media ilmu pengetahuan dan wawasan. Banyak anak muda sekarang saat mencari atau membaca ilmu pembelajaran, mereka memilih membaca melalui blog. Tentu saja ini menjadi potensi yang sangat luas bagi blogger untuk menulis konten blog yang berisi ilmu pengetahuan dan wawasan. Jika dahulu buku adalah jendela dunia, mungkin blog juga bisa menggunakan tagline tersebut. 

4. Blog Untuk Berbisnis dan Menjual Produk

Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Potensi Blog Untuk Generasi Muda yang selanjutnya adalah sebagai media bisnis. Anak muda sekarang ini tidak hanya menyandang sebagai pelajar atau mahasiswa saja, mereka biasanya juga aktif sebagai pelaku bisnis secara online. Nah cara yang paling mudah dalam menjalankan bisnis bagi anak muda adalah dengan cara berbisnis online melalui blog, blog sangat potensial digunakan sebagai media berjualan dan bisnis. Sebab blog bisa menjangkau siapapun dan dari manapun tanpa terkendala jarak maupun waktu.

5. Blog Sebagai Media atau Layanan Periklanan

Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Bagi generasi muda blog juga berpotensi sebagai media beriklan dan mempromosikan produk baru. Banyak sekali contoh blog yang jadi media periklanan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Tujuan utamanya adalah mengenalkan produk dan jasa yang nantinya dapat meningkatkan penghasilan. Terlebih bagi kamu anak muda yang baru mau memulai bisnis, blog adalah tempat yang paling potensial.

6. Blog Sebagai Media Berita dan Informasi Terkini

Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Blog Bisa juga digunakan sebagai media berita dan informasi. Banyak pemuda Indonesia yang sudah berhasil membangun blog berita dan info terkini dengan ribuan visitor setiap harinya. Selain ilmu pengetahuan, blog juga berpotensi sebagai media berita online yang sangat mudah. Selain biaya yang digunakan jadi lebih murah, blog juga sangat mudah digunakan baik oleh penulis maupun pengguna.

7. Blog Berpotensi Besar Menghasilkan Pundi Penghasilan

Potensi Blog Untuk Generasi Muda


Potensi Blog Untuk Generasi Muda yang paling potensial adalah sebagai media dan ladang mencari penghasilan. Seperti yang sudah disinggung dibeberapa kalimat di atas, blog saat ini banyak digunakan oleh kaum muda kreatif sebagai media dan ladang dalam mencari penghasilan. Banyak hal yang bisa diperoleh, mulai dari menawarkan jasa, menjual produk hingga menjadi publisher periklanan. Banyak layanan periklanan yang bisa dipakai oleh para publisher seperti misalnya: Google Adsense, Genie, Tribal Fusion hingga periklanan lokal yang mudah untuk mendaftarnya. 

Rasanya tidak adil jika kita hanya membahas tentang kelebihan blog tanpa mengupas kekurangnya. Ya, blog sebagai media juga memiliki keterbatasan. Dimana kita harus patuh dengan syarat ketentuan yang diberlakukan oleh pemilik blog, dan jika kita dirasa melanggar ketentuan mereka blog kita bisa saja dihapus dari peredaran. Untuk mengatasi hal tersebut, blog bisa dibangun dengan menggunakan ruang penyimpanan sendiri (hosting). Tujuannya adalah agar lebih bebas dan leluasa tanpa harus takut terdeteksi melanggar TOS. Kita bisa merogoh kocek sedikit untuk dapat membeli hosting dan alamat domain. Banyak tempat dan layanan yang bisa kita temukan dalam membangun blog dengan hosting ini: seperti misalnya Dewaweb.com

Dan itulah beberapa potensi blog untuk generasi muda yang mungkin masih banyak potensi-potensi lain tak bisa penulis sebutkan satu persatu karena keterbatasan. Sebagai gantinya silahkan tinggalkan kritik dan saran kalian melalui komentar di bawah ini.

Related Posts

...