Ki Hajar Dewantara Bapak Pendidikan Nasional Yang Diperingati Sebagai Hari Pendidikan Hari Ini

shares |

Creatwe.comKi Hajar Dewantara Bapak Pendidikan Nasional Yang Diperingati Sebagai Hari Pendidikan Hari Ini. Hari ini tepatnya tanggal 2 Mei 2016 bertepatan dengan Hari senin diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Di Indonesia sendiri sosok yang sangat akrab dengan dunia pendidikan adalah Bapak Ki Hajar Dewantara yang dikenal dengan sebutan Bapak Pendidikan Nasional.

Peringati Hari Pendidikan Nasional Hari Ini Google Doodle Tampilkan Ki Hajar Dewantara

Bapak Ki Hajar Dewantara bernama asli R.M. Suwardi Suryaningrat, berasal dari keluarga ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Diusianya yang ke 40 tahun Ki Hajar Dewantara melepaskan nama gelar bangsawan Raden Mas nya dikarenakan ingin lebih dekat dengan rakyat. Untuk itu namanya berubah menjadi Ki Hajar Dewantara.

Sejak selesai menempuh pendidikan dasar, Ki Hajar Dewantara melanjutkan pendidikannya di STOVIA tapi tidak berlangsung lama. Ki Hajar Dewantara sakit sehingga tidak dapat menyelesaikan pendidikannya. Akhirnya beliau mulai bekerja sebagai wartawan pada beberapa surat kabar seperti Utusan Hindia, Kaum Muda dan De Express.

Ki Hajar Dewantara memulai perjuangannya melalu jalur pendidikan dengan mendirikan sebuah Perguruan yang diberi nama Taman Siswa yaitu pada tanggal 3 JuIi 1922. Perguruan ini yang menjadi cikal bakal pendidikan sekaligus wadah dalam rangka menanamkan rasa kebangsaaan pada anak didik. Ajaran Ki Hajar Dewantara yang sangat terkenal adalah ing ngarsa sung tulodo, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani. Yang berarti di depan memberi teladan, di tengah memberi semangat, dan di belakang memberi dorongan.

Alhasil untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara yang sangat besar terhadap dunia Pendidikan Indonesia, Pemerintah menetapkan tanggal kelahirannya yaitu 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional yang sampai sekarang diperingati. Bahkan beliau juga ditetapkan sebagai Bapak Pendidikan. Dan pada tahun 1957 Ki Hajar Dewantara berhasil menyandang gelar Doktor Honoris Cousa dari Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Setelah menyandang gelar tersebut, 2 tahun kemudian beliau akhirnya meninggal. Ki Hajar Dewantara meninggal pada usianya yang ke 70 pada tahun 1959 bertepatan dengna tanggal 26 April. Dan dimakamkan di Pemakaman Taman Wijaya Brata Yogyakarta. 

Peranan beliau dalam memperjuangkan pendidikan untuk rakyatnya, maka melalui keputusan presiden RI no. 305 tahun 1959, beliau pun dicetuskan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional.

Demikian Ki Hajar Dewantara Bapak Pendidikan Nasional Yang Diperingati Sebagai Hari Pendidikan Hari Ini, semoga bermanfaat.

Related Posts

...