Ramadhan Bulan Tarbiyah: Inilah 6 Keutamaan Yang Dapat Kita Ambil Pelajarannya

shares |

Creatwe.com - Ramadhan Bulan Tarbiyah: Inilah 6 Keutamaan Yang Dapat Kita Ambil Pelajarannya.  Allah Swt, menyediakan Ramadhan sebagai madrasah bagi kaum beriman untuk memusatkan dirinya mengisi ulang (recharge) keimanan dan takwa sebagai sarana pembangunan karakter yang menjadi pusat kendali arah bagi pembangunan fisik dan sumber daya manusia muslim.

Ramadhan Bulan Tarbiyah: Inilah 6 Keutamaan Yang Dapat Kita Ambil Pelajarannya

Sebagai bulan tarbiyah (pendidikan) sekurang-kurangnya ada enam nilai pendidikan yang terkandung dalam puasa ramadhan; 

1. Ramadhan Mendidik dan Mengembangkan Kecerdasan Emosi

Sesuai hakikat puasa puasa adalah menahan diri dan menahan hawa nafsu bukan membunuh hawa nafsu, puasa mendidik manusia agar dapat melakukan pengendalian diri (self controll) dan pengaturan diri (self regulation).

2. Puasa Mengajarkan dan Mendidik Tentang Arti Kejujuran

Orang yang sedang berpuasa atas dasar imanan wahtishaban, ia  tidak akan makan dan minum serta melakukan hal-hal yang membatalkan puasa betapapun tidak ada orang yang melihat dan tidak ada orang yang tahu kecuali dirinya dan Allah.

3. Ramadhan Bulan Tarbiyah Mendorong Agar Belajar dan Meningkatkan Diri

Puasa mendorong dan mendidik manusia agar selalu belajar dalam rangka memperoleh dan meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada bulan pusa ramadhan ini terdapat  peristiwa turunnya al-Quran (Nuzulul Qur’an), Alqur’an surat  Al-Alaq: 1-5 sebagai ayat yang pertama kali diterima Nabi Muhammad Saw menjadi bukti agar manusia mau belajar.

4. Bulan Ramadhan Mengajarkan Tentang Kesetaraan

Dalam ibadah puasa, Islam memandang manusia memiliki kesamaan derajat. Mereka yang memiliki banyak harta, status sosial yang  yang tinggi, memiliki dolar, atau yang mempunyai sedikit rupiah, atau bahkan orang yang tak memiliki sepeserpun ketika sedang berpuasa , tetap merasakan hal yang sama yaitu : lapar dan haus.

5. Bulan Ramadhan Mendidik Sikap Disiplin

Puasa adalah ibadah paling rahasia di mata manusia, yang bisa menumbuhkan sikap disiplin diri, merasa diawasi (muraqabah) oleh Allah. Sikap ini akan memunculkan perasaan ada pengawasan diri sendiri dan saat mengawasi itu kita pun sadar bahwa kita sedang diawasi oleh Zat Yang Maha Mengetahui segala-galanya.

6. Ramadhan Bulan Tarbiyah: Mendidik Tentang Kesabaran

Betapapun kita merasa haus mencekik tenggorokkan dan lapar melilit perut, ketika waktu  magrib belum tiba, kita tidak diperbolehkan bersentuhan dengan makan dan minuman meskipun itu halal melainkan kita  harus bersabar menunggu hingga waktu berbuka tiba.

 Demikian Ramadhan Bulan Tarbiyah: Inilah 6 Keutamaan Yang Dapat Kita Ambil Pelajarannya, semoga bermanfaat.

Related Posts

...